Masa pandemic memberikan dampak yang luar biasa dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya dari aspek ekonomi. Banyak perusahaan tutup karena pandemic, pekerja di PHK. Selama masa pandemic aktivitas luar rumah di kurangi, hal ini membuat masyarakat secara tidak langsung sering membuka sosial media. Pasalnya, bermain sosial media menjadi hal yang terbilang cukup menyenangkan untuk menghabiskan waktu selama di rumah. Bahkan, sebuah data statistik menunjukkan bahwa pengguna aktif sosial media di tahun 2020 menginjak angka 59%. Angka yang terbilang tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meningkatnya jumlah pengguna aktif di social media ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha. Hal ini menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi kehidupan selama masa pandemic. Social media ini menjadi media interaksi antara pemilik usaha dengan konsumen menjadi lebih dekat sekaligus menjadi sarana untuk menginformasikan adanya promo terbaru atau sekedar mengadakan games guna meningkatkan engagement rate.
Perkembangan teknologi ini menjadi sarana utama dalam meningkatkan aspek ekonomi masyarakat. Di era digital seperti sekarang ini,dalam menjalankan usaha bisnis ini perlu adanya strategi yang layak diterapkan dalam mengembangkan usaha bisnisnya. Digital marketing sangat berpengaruh terhadap closing penjualan karena lini yang ditargetkan memiliki cakupan lebih luas. Beberapa strategi dasar digital marketing yang mudah dilakukan oleh pebisnis pemula antara lain memanfaatkan social media marketing itu wajib hukumnya, mulai kirimkan email marketing, pastikan anda menerapkan Teknik SEO secara benar, memasang iklan berbayar. Dilihat dari strategi marketing digital di atas sangat mudah untuk diterapkan dalam berbisnis khususnya di era new normal ini. Inilah peluang-peluang bisnis yang bisa di tangkap oleh para mahasiswa maupun ibu-ibu rumah tangga dan masyarakat umum dalam memulai usaha di era new normal.
Berdasarkan Strategy Digital Marketing yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa Digital Marketing menjadi solusi terbaik untuk bisa tetap bertahan di era new normal ini. Dimana para pebisnis pemula tetap berinteraksi dan melakukan transaksi pembelian dengan konsumen tanpa perlu bertatap muka secara langsung.
Berdasarkan uraian di atas, program studi Sistem Informasi SI STIKOM Uyelindo Kupang yang mempunyai konsentrasi di bidang enterprise, tertarik untuk menyelenggarakan seminar sehari dengan tema “Digital Marketing di Era New Normal” dengan narasumber: Benedicta Evienia Prabawanti, S.E., M.M. yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Jakarta dan juga memiliki salah satu fokus riset pada bidang bisnis manajemen, marketing manajemen dan manajemen sumber daya.
1. Agenda program studi setiap semester untuk mendukung penyelenggaraan SPMI di STIKOM Uyelindo Kupang.
2. Peserta mampu mengetahui dan memahami tentang berbagai strategi digital marketing di era new normal.