SiAmir Hot

Begadang Kerja Tugas. Beresiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Begadang adalah suatu keadaan yang mana seseorang tidak bisa/tetap terjaga sepanjang malam. Biasanya waktu normal untuk beristirahat adalah 8 jam per hari. Mengapa perlu istrirahat yang cukup? Karena dengan beristirahat semua bagian tubuh akan beristirahat.

Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang begadang seperti seseorang yang sedang kerja lembur, kerja malam, makan dengan porsi yang lebih, insomnia, sedang stres, sering lupa waktu istirahat dan lain-lain. Jika kebiasaan begadang dijadikan sebuah rutinitas atau keseringan maka akan mengganggu kesehatan psikis kita serta kurangnya fokus dan hilangnya konsentrasi. Contohnya seperti kecelakaan yang diakibatkan oleh kurangnya konsentrasi dari pengemudi. Selain itu, kalau dilihat dari cirri-ciri fisik seperti susah konsentrasi, pusing, muka pucat, lingkaran hitam di bawah mata, daya tahan tubuh menurun, mudah mengantuk, dan pola makan yang tidak teratur. Selain itu, penyakit yang diakibatkan dari sering begadang seperti hipertensi, stroke, jantung, diabetes,obesitas, dan penyakit-penyakit lainnya.

Jika begadang cuma sehari, maka secara alami tidak akan mengalami permasalahan yang serius. Jika memang diharuskan seperti seorang mahasiswa yang sering mengerjakan tugas sampai larut malam, maka sebaiknya dilakukan beberapa tips dibawah ini:

(1) Hindari makanan cepat saji dan berminyak karena dapat mengganggu pencernaan yang mengakibatkan kurangnya pembakaran kalori dan minyak yang berlebih dapat diserap oleh tubuh yang mengakibatkan gangguan pada organ hati.

(2) Perbanyak Minum air putih serta kurangi minuman bersoda dan kafein karena dengan minimal 8 gelas per hari akan membantu meningkatkan hormon-hormon dan akan membuat tubuh menjadi segar.

(3) Konsumsi vitamin karena dengan vitamin dapat membantu menghilankan rasa lapar dan membuat tubuh menjadi kuat dan tahan dari penyakit.

(4) Olahraga yang teratur khususnya di sore hari karena dengan berolahraga di sore hari dapat membuat tubuh menjadi cepat mengantuk dan tidur akan lebih pulas dan saat bangun tidur pada pagi hari akan terasa segar sebelum melakukan aktivitas lainnya

Note: Informasi kesehatan di atas, dikutip dari tulisan Phil Gehrman, PhD, CBSM-Universitas Pennsylvania, Philadelpia.

Apapun alasannya baik karena tidak bisa tidur atau karena alasan pekerjaan, tidak akan baik untuk kesehatan jika terlalu keseringan dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena, sayangi tubuhmu seperti buksn pekerjaanmu atau kebiasaanmu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (EWALDUS KASE | 2018-04-16)

KembaliTulis Berita