SiAmir Hot

Teknologi Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Usaha Bisnis tentu sudah banyak orang menjalankanya baik usaha bisnis kecil-kecilan maupun hingga usaha bisnis yang besar. Namun mengapa mereka lebih memilih untuk membangun suatu usaha sendiri guna mendapatkan keuntungan, dibandingkan dengan bekerja di perkantoran? Jawabanya pasti sudah kita semua ketahui, banyak orang lebih memilih untuk membangun usaha sendiri oleh karena mereka lebih suka:

1) Memerintah dari pada diperintah. Dengan membangun usaha sendiri seorang pengusaha atau bisa juga disebut seorang enterpreneur, menjadi “Bos” dalam pekerjaanya yang mana mereka yang kemudian dapat menyewa ataupun memberi gaji kepada tiap orang yang ingin ikut membantu operasi bisnisnya. Seorang pengusaha cenderung menjadi raja yang mengatur masuk keluarnya arus keuntungan dan juga mengatur berjalannya proses bisnis dala usahanya oleh karena itu apabila usaha awal mereka sudah mulai maju, maka untuk mendapatkan keuntungan yang meningkat akan terjamin.

2) Tidak terikat dengan aturan-aturan. Orang yang bekerja di suatu institusi ataupun perkantoran dalam menjalankan pekerjaanya harus mengikuti tiap aturan yang telah direalisasikan, seorang yang bekerja di perkantoran dituntut untuk harus disiplin dalam pekerjaan, tepat waktu menyelesaikan tugas-tugasnya, bahkan hingga menggunakan seragam yang diharuskan (bila ada). Sedangkan bila dibandingkan dengan seorang pengusaha mereka bebas melakukan apa saja yang diinginkan, “kalau capek ya tinggal tutup kios” kata om saya yang kebetulan seorang pengusaha alias pembangun usaha kecil-kecilan. Seorang pengusaha bebas untuk mulai bekerja kapan, memakai pakaian apa, hingga meliburkan diri walaupun sebenarnya peluang mereka untuk mendapatkan keuntungan selalu ada tiap waktunya.

3) Tidak butuh syarat atau ketentuan apapun untuk menjadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha, siapa saja bisa bukan? Mau pengamen, orang yang tidak lulus Kuliah, atau siapapun bisa menjadi seorang pengusaha handal jika ia memiliki tekat dan semangat yang tinggi untuk berwirausaha, berbeda dengan orang yang berusaha mengejar prospek kerja di perkantoran tentulah ada begitu banyak syarat yang harus dipenuhi seperti IPK Minimal 3,5, lulusan kampus …., pengalaman kerja minimal harus 1 ataupun 2 tahun dan masih banyak lagi syarat dan ketentuan lainnya.

Berdasarkan hal-hal di atas ternyata enak bukan menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur? lalu apa yang harus dikembangkan selanjutnya agar prospek usaha bisnis lebih terjamin lagi kedepannya oleh karena perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat kian harinya yang kemudian mengharuskan tiap individu untuk mampu menguasainya? Jawabannya tentulah anak-anak atau pengusaha zaman sekarang sebaiknya memulai usaha bisnisnya dengan menggunakan bantuan teknologi IT, di mana-mana semua orang sekarang ini sudah melakukan transaksi jual beli melalui media internet, Facebook, Instagram masa bisnis masa kini yang kita bangun belum juga berbasis teknologi?

Oleh karena itu munculah yang dinamakan dengan teknopreneurship yaitu usaha berbasi teknologi yang zaman sekarang sudah banyak digunakan dan digeluti tiap entrepreneur mulai dari usaha-usaha kecil, olshop, hingga para perusahaan besar seperti Transmart, Cinemaxx dan lain sebagainya sudah mengapllikasikan produk-produk IT dalam usaha bisnis mereka mulai dari website, aplikasi mobile dan lain sebagainya.

Mari kita sebagai Mahasiswa IT mulai bangun usaha berbasis IT untuk mendapatkan uang sendiri, dan berlatih siapa tau salah satu dari kita dapat menjadi pengusaha sukses. (NAZARIO MARTINS CACIRO | 2018-04-15)

KembaliTulis Berita