SiAmir Hot

Takut dengan "Dosen Killer"? Berikut Tips-Tips Meluluhkan Hatinya

Salah satu hal yang paling banyak ditakuti oleh semua mahasiswa adalah "dosen killer". Suasana ramai dan ceria di selasar kampus sesaat akan sepi ketika sang dosen killer lewat. Dalam kelaspun suasana kaku dan gugup akan tercipta. Bahkan saking takutnya sampai terbawa mimpi. Semua tugas-tugas yang diberikan beliau akan terngiang-ngiang di kepala mahasiswa. Tapi kamu jangan kuatir! Dosen killer juga manusia, punya hati dan perasaan. Hahaha.

Mari kita simak bersama tips meluluhkan hati dosen killer: (1) Jangan coba-coba datang terlambat di kelasnya. Beliau biasanya tegas dalam hal disiplin waktu. Beliau tidak segan-segan memberikan hukuman bahkan tidak segan-segan mengusir kamu keluar dari kelasnya. Kalau hal ini menjadi kebiasaan kamu, sudah pasti kamu tidak akan diluluskan. Sekali kamu melakukan kesalahan, namamu akan selalu diingat seumur hidup (agak lebay)

(2) Jangan ribut di dalam kelas. Dosen killer paling tidak suka akan hal ini, kalau kamu tidak diusir dari kelas, namamu pasti akan ditandai di presensi kuliah. Kalau hal ini terjadi, bisa gawat. Kamu terancam tidak akan lulus di mata kuliahnya.

(3) Cobalah 3S (senyum, salam sapa) dengan tulus saat bertemu beliau, dijamin hatinya akan luluh (tapi jangan lebay).

(4) Dosen killer sangat tidak menyukai mahasiswa yang merengek manja. Nah kalau ini sering dilakukan oleh mahasiswa cewek. Suka merengek manja minta perpanjangan waktu untuk mengumpulkan tugas. Jangan pernah melakukan hal ini.

(5) PDKT: PDKT alias pendekatan tidak selamanya pada pacar, tapi pada dosen juga perlu loh. Hanya saja suasananya harus lebih formal. Caranya: sering-seringlah berdiskusi dengan beliau mengenai mata kuliah yang diampu beliau, tentang tugas. Dengan begini, beliau akan merasa penting bagi mahasiswanya. Dengan begitu kamu akan memiliki peluang besar untuk mengetahuinya lebih dekat.

(6) Buatlah beliau berkesan dengan menjadi mahasiswa yang pintar. Tentunya kita semua sudah tahu bahwa dosen sangat menyukai mahasiswa yang pintar. Caranya: belajarlah dengan giat dan berusaha untuk mendapatkan nilai-nilai terbaik. Aktiflah di dalam kelas dan sering mengajukan pertanyaan. Dijamin kamu akan selamat dari pertanyaan-pertanyaan yang mematikan dari beliau.

(7) Kumpulkan tugas tepat waktu. Jangan coba-coba terlambat mengumpulkan tugas, hal ini akan sangat fatal. Jika kamu lakukan hal ini pada dosen killer, maka kamu akan menjadi sasaran empuk beliau. Mending segera kumpulkan tugas secepatnya kepada beliau secara langsung. Dengan demikian kamu bisa PDKT.

(8) Jangan takut bertanya. Biasanya saking takutnya kita pada dosen killer, kita akan jadi takut dalam bertanya. Keringat dingin dan suara akan gemetar akan menemani kita saat kita mengajukan pertanyaan. Dosen killer sangat menyukai mahasiswa yang aktif bertanya. Beliau tidak akan mempermasalahkan kualitas pertanyaan kamu. Semakin sering kamu bertanya, beliau akan terus mengingat nama kamu.

(9) Berimajinasilah. Anggap saja beliau bintang idolamu. Berpikirlah bahwa kamu tidak mengikuti kuliah mata kuliah yang diampu beliau tapi sedang mengikuti konser bintang idolamu. Dijamin kamu tidak akan ketakutan.

Sekian tips dari saya dan semoga beruntung. Jadilah mahasiswa yang baik, semangat dan pantang menyerah! (Emanuel Safirman Bata, S.Kom., M.T. | 2018-04-15)

KembaliTulis Berita