SiAmir Hot

Jika Baterai Ponsel Cepat Habis, Mungkin 5 Hal Inilah yang Jadi Penyebabnya

1. Selalu Menyalakan Lokasi dan Navigasi

Tahukah Anda jika Anda menyalakan lokasi GPS dan navigasi secara bersamaan, maka itu akan membuat baterai pada ponsel cepat habis? Sebaiknya jika Anda menjalankan aplikasi navigasi, pastikan GPS pada ponsel sudah dimatikan. Dengan begitu, ponsel Anda tidak akan terus mendeteksi posisi di mana aktivitas tersebut memakan banyak tenaga baterai dan membuatnya cepat habis.

2. Membuat Tampilan Layar Ponsel Terlalu Cerah

Meskipun hal ini terbilang sederhana, namun nyatanya memang memengaruhi ketahanan baterai di ponsel Anda. Memastikan kecerahan layar ponsel ternyata mampu membantu menghemat baterai. Sebab untuk mencerahkan layar ponsel, ada tenaga baterai yang digunakan sesuai dengan tingkat kecerahan yang Anda gunakan. Jadi, semakin cerah layar ponsel tersebut, maka semakin cepat habis baterainya karena tenaga baterai semakin banyak digunakan.

3. Ponsel Terlalu Panas

Saat keadaan ponsel terlalu panas, ternyata baterai lebih cepat terkuras dibanding suhu ponsel yang lebih rendah. Ponsel yang terlalu panas bisa disebabkan karena kondisi ruangan yang langsung terpapar sinar matahari, karena bahan casing ponsel yang tidak sesuai, atau karena Anda terlalu sering memainkan ponsel di tengah proses pengisian baterai.

4. Tidak Mematikan WiFi dan Bluetooth

Karena sedang berada di lokasi yang menyediakan WiFi, Anda menyalakan fitur WiFi untuk mnedeteksi keberadaan sinyalnya. Namun, jangan sampai lupa untuk mematikan fitur ini ketika Anda sudah tidak lagi menggunakan fasilitas WiFi tersebut. Jika fitur ini tetap menyala, maka ponsel akan terus mencari jaringan yang menyediakan WiFi tersebut dan aktivitas tersebut menguras baterai dengan cepat. Sama halnya dengan WiFi, fitur bluetooth yang tidak dimatikan juga bisa menguras baterai di ponsel Anda dengan cepat. Di mana ponsel akan terus mendeteksi jaringan bluetooth terdekat, namun tidak sampai terjadi transfer data. Hal tersebut juga membuat baterai ponsel cepat habis, jadi sebaiknya matikan semua fitur-fitur yang sudah tidak digunakan.

5. Aktivitas Ponsel yang Multitasking

Kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang adalah menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu. Kebiasaan ini ternyata sangat berpengaruh besar terhadap ketahanan baterai ponsel Anda. Banyaknya aplikasi atau fitur yang dibuka bersamaan membuat baterai mengeluarkan energi cukup banyak untuk menyokongnya dalam satu waktu. Misalnya, Anda membuka Instagram, sambil sesekali berpindah ke aplikasi email, dan juga menyalakan musik secara bersamaan.

Sumber: beritahangat.com (EWALDUS KASE | 2018-05-15)

KembaliTulis Berita