SiAmir Hot

Cara Mengubah HP Android Menjadi Remote TV dan AC

Perlu diketahui bahwa tidak semua hp android bisa dijadikan sebagai remote TV. Kita harus tahu  terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkanya misalkan koneksi Bluetooth, WiFi bahkan IR atau InfraRed. Namun banyak dari handphone ataupun tablet Android yang sudah dilengkapi fitur atau aplikasi remote. Contohnya saja seperti Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3 dan Sony Xperia Z2.  Bagaimana dengan Hp Android yang tidak memiliki fitur seperti mereka? Tenang, ada caranya di bawah ini

1. Aplikasi atau fitur remote bawaan smartphone. Terdapat aplikasi yang digunakan untuk Android sebagai remote khusus dari vendor tertentu ada juga yang bersifat universal. Contohnya model ponsel Android dari Samsung yang bisa dijadikan sebagai universal remote, yaitu remote multi fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai jenis dan merk perangkat elektronik seperti Samsung, Sony, Sharp, LG, Panasonic, Toshiba dan lain-lain. Sementara aplikasi yang digunakan untuk mengkatifkan fungsi remote ini adalah aplikasi bawaan ponsel yaitu WatchON. Mari kita lihat cara membuat ponsel Android jadi remote TV atau AC berikut ini:

Jalankan aplikasi WatchOn pada perangkat anda. Tekan SELECT COUNTRY or REGION kemudian pilih negara Anda, misalnya Indonesia, pilih TV berbayar yang anda gunakan, jika tidak ada, anda bisa pilih Indovision saja. Pilih Skip dan Agree, selanjutnya akan muncul sebuah icon berbentuk remote, kemudian tekan icon tersebut untuk setting TV Anda. Lalu tekan Continue untuk melakukan settingannya. Langkah selanjutnya yaitu memilih merk TV yang sedang anda gunakan. Kalau di halaman ini tidak ada merk TV anda, maka tekan Show Other Brands. Kalau sudah memilih brands TV anda, tekan tombol Power untuk menghidupkan TV Anda. Perhatikan, kalau TV Anda bisa dihidupkan dengan sempurna tekan YES, This Code One Work. Kalau tidak bisa hidup, tekan Send This Code One Again untuk mengulangi. Selanjutnya tekan MY TV (Merk TV)Terakhir kali tekan DONE. Semua proses telah selesai, dan anda sudah siap menggunakan HP Android anda sebagai remote TV

2. Bantuan aplikasi pihak ketiga Biasanya untuk menghubungkan antara smartphone dan perangkat elektronik tersebut menggunakan wifi, bluetooth atau infrared. Namun smartphone android yang belum dibekali oleh fitur remote ini, bisa mengubah Android menjadi remote TV atau AC dengan memanfaatkan Aplikasi yang tersedia di google play store. Bahkan semakin berkembangnya teknologi, beberapa brand perangkat elektronik sudah menyediakan software yang bisa menghubungkan smartphone android anda ke perangkat elektronik buatan mereka.

Sekarang akan diulas tutorial cara mengubah android menjadi remote televisi dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi remote yang tersedia di google play store salah satunya adalah IR Remote. Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Download dan Instal aplikasi IR Remote di google play store melalui smartphone android anda. Tunggu sampai proses selesai dan jalankan aplikasi tersebut. Anda akan menemui beberapa menu, pilih IR Database dan kemudian pilih brand atau merek televisi anda. Misalnya Panasonic, atau LG. Selanjutnya anda akan dibawa pada sebuah interface layaknya sebuah remote TV. Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV ataupun mengubah volume suaranya.

Selain IR Remote ada juga aplikasi Samsung IR-Universal Remote. Menariknya aplikasi buatan Power7 ini tidak hanya bisa digunakan untuk remote TV saja melainkan beberapa perangkat elektronik seperti AC, DVD player, media player, xbox 360, hifi dan masih banyak lainya. Aplikasi remote yang satu ini berukuran 1,9 mb dan sudah kompatibel dengan OS Android 2.2 ke atas. (DOMINGGUS HUWAE | 2018-05-09)

KembaliTulis Berita