SiAmir Hot

3 Kelompok Hacker Paling Ditakuti di Dunia

Internet merupakan sebuah jaringan global yang menghubungkan manusia di berbagai belahan dunia. Portal berita, forum online, media sosial, layanan streaming hingga e-commerce, semua layanan tersebut bisa dinikmati berkat adanya internet. Aplikasi seperti Akulaku juga membutuhkan jaringan internet untuk dapat beroperasi. Namun di balik segala kemudahan yang ditawarkannya, internet juga menyimpan segudang bahaya. Penjahat cyber atau yang biasa dikenal dengan sebutan hacker menjadi ancaman nyata bagi masyarakat dunia maya. Banyak di antara mereka yang membentuk satu kelompok. Namun dari beberapa kelompok hacker yang ada, setidaknya ada beberapa di antaranya yang cukup disegani. Inilah 3 kelompok hacker paling ditakuti di dunia:

1. Anonymous

Kelompok hacker yang identik dengan topeng Guy Fawkes dalam film berjudul V for Vendetta ini tidak hanya dikenal aktif dalam aksi peretasan. Bisa dibilang, Anonymous adalah hacktivist atau hacker yang aktif melakukan aktivitas hacking dengan tujuan tertentu. Situs yang diretas bukan hanya situs biasa. Website FBI, Sony PlayStation, PayPal, Universal Music Group hingga MasterCard juga pernah tumbang karena aksi mereka. Bahkan kelompok hacker ini juga pernah mengancam Facebook, Pentagon dan grup kartel narkoba Meksiko.

2. Lizard Squad

Nama kelompok Lizard Squad mulai dikenal setelah klaim mereka atas serangan jaringan PlayStation dan Xbox Live pada 2014 silam. Tidak hanya berhenti di situ, kelompok hacker yang satu ini melanjutkan serangannya pada beberapa situs besar lain seperti Facebook, Instagram, Tinder, MySpace, HipChat dan AOL Instant Messenger pada awal tahun 2015 lalu.

3. Milw0rm

Serangan hacker tak selalu identik dengan deface (mengubah tampilan halaman website) ataupun DDOS yang meluluhlantakkan jaringan komputer. Milw0rm, kelompok hacker yang mulai terkenal pada tahun 1998 ini pernah menyerang fasilitas riset nuklir milik India dan mencuri beberapa data rahasia. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas pengembangan senjata nuklir.

Ancaman di dunia maya memang akan selalu ada. Untuk itulah setiap pengguna harus selalu waspada. Menggunakan antivirus bisa jadi salah satu cara untuk memberi pengamanan tambahan, apalagi jika kamu menggunakan antivirus berbayar. Tidak perlu khawatir soal harga. Ada Akulaku yang bisa membantumu. Dengan aplikasi Akulaku, beli antivirus bisa dengan cicilan.

Sumber: styleintech.com (SURYA V M MOLA | 2018-05-06)

KembaliTulis Berita