SiAmir Frezh


Ringkasan

Budaya antri memang sudah ada dari dulu. Saat ini pun etika untuk mengantri sesuatu sudah tidak seperti zaman dahulu karena saat ini sedikit ada ketegangan maka akan muncul kerusuhan kecil yg berakibat buruk

Swalayan Kekinian Tanpa Kasir. Apakah Cocok Diterapkan di Indonesia?

Perusahaan perdagangan elektronik multinasional, Amazon, baru saja meresmikan supermarket uniknya pertama di dunia. Tidak ada kasir dan tidak membutuhkan transaksi apa pun di supermarket tersebut.

1. Semua transaksi dilakukan secara online dan otomatis

Informasi soal swalayan bernama Amazon Go ini telah dirilis pada 2016 lalu dan memasuki tahap percobaan selama 2017. Awal 2018, akhirnya warga Seattle sudah bisa berbelanja di supermarket seluas 1800 meter persegi tersebut.

Untuk masuk, kamu harus membuka aplikasi Amazon Go dan memindai QR code di depan gerbang. Nantinya, semua daftar belanja dan tagihan akan ditunjukkan melalui aplikasi setelah meninggalkan toko. Pembayaran bakal dilakukan secara otomatis dengan memotong anggaran di kartu kredit yang terdaftar di akun Amazon kamu.

2. Dilengkapi dengan teknologi super canggih

Teknologi canggih yang diterapkan di sana memungkinkan semua orang berbelanja dengan tenang, tanpa harus antri panjang di kasir. Kamu tinggal datang, belanja, dan meninggalkan toko tanpa membayar lagi.

Sistem yang mereka namai sebagai "Just Walkout Technology" ini menggabungkan kekuatan AI (kecerdasan buatan) dan machine learning computer vision yang bisa melacak apa saja barang yang kita ambil di rak. Begitu juga jika barang tersebut tak jadi kamu beli dan dikembalikan ke rak, daftar belanjaanmu di akun Amazon Go akan secara otomatis menyesuaikan.

Ada ratusan kamera yang tertanam di langit-langit swalayan untuk mengawasi pergerakan pembeli, serta item apa saja yang diambil. Selama masa uji coba, Kepala Amazon Go, Gianna Puerini, mengatakan kalau sistemnya berjalan dengan lancar dan hampir 100 persen akurat.

3. Bagaimana jika ada kesalahan dalam penagihan?

Kalau terjadi kesalahan dalam penagihan barang, kamu cuma perlu menekan tombol "refund". Maka uangmu akan kembali ke akunmu secara otomatis. Konsep swalayan tanpa kasir sepertinya cocok untuk kebiasaan orang Indonesia yang tak terlalu suka antre panjang.

Sumber: idntimes.com


Kembali Tulis Berita
10 Berita Terbaru dari SiAmir News
Ayo Belanja di SiAmir Market!