SiAmir Artikel EWALDUS KASE

Hal-Hal yang Seharusnya Kamu Hapus dari Facebook

Berdasarkan data yang diperoleh We Are Social dan Hootsuite, jumlah pengguna Facebook di Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia. Ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna terbanyak Facebook se-Asia Tenggara.

Namun nama media sosial tersebut tercoreng baru-baru ini akibat kebocoran data pengguna. Dan Indonesia menempati peringkat ke-3 dengan jumlah sebanyak 1 juta pengguna yang datanya dibocorkan. Kebocoran informasi memang sangat berbahaya dan bisa mengundang para penjahat. Sayangnya, terkadang hal tersebut akibat kelalaian kita sendiri.

Para perampok yang beraksi dengan modus medsos menyampaikan bahwa ia pernah menemui kasus perampokan yang ternyata informasi tentang kondisi rumah korban mereka dapat lewat media sosial. Dari foto-foto keluarga korban di medsos, para perampok mengetahui bahwa rumah mereka sedang kosong karena penghuninya sedang liburan.

Nah agar tidak terjadi perbuatan yang tidak diinginkan, berikut hal yang sebaiknya kamu hapus dari Facebook:

1) Tanggal lahir: ternyata bisa digunakan untuk akses informasi nomor rekening lho.

2) Nomor handphone: para “stalker” dari akun-akun FB yang tidak jelas akan bahagia jika bisa tahu nomor kamu.

3) Tempat sekolah anak: bisa jadi target gampang para penculik.

4) Lokasi: jangan sampai terjadi seperti kasus perampokan di atas.

5) Tiket pesawat: barcode yang tertera bisa disalahgunakan untuk akses informasi pribadi.

Maka dari itu , ikutilah saran di atas agar anda dapat terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan. (Referensi: kompas.com dan viralnova.com). (EWALDUS KASE | 2018-04-18)

Kembali Tulis Berita