SiAmir Artikel OLIVIA MARIA INACIO TAVARES

Ringkasan

KULIAH, Menyenangkan sih tapi saya ingin menceritakan sedikit pengalaman selama berkuliah sebagai mahasiwa Sistem Informasi STIKOM Uyelindo. Pahit dan manis yang dijalani dalam masa perkuliahan dapat dilewati dengan semangat

Some Story Of My Campus Live

Apa saja enaknya berkuliah itu? Enak karena kuliah ya bebas nggak perlu terpaku sama seragam kayak di SMA, nggak perlu seharian di kampus, ujiannya juga gak semua isi buku harus dihapal dari A sampai Z tapi lebih ke pemahaman kita sendiri, selain itu berkuliah juga seru loh kita dinilai nggak cuman dari nilai hasil diatas kertas saja namun juga dari keaktifan dalam kelas, presensi kehadiran hingga sikap kita, sekali dimarahin dosen maka wajah akan ditandai seumur perkuliahan sama dosen tersebut loh, gimanaa? beda sama SMA kan?

So, tunggu dulu nih, kuliah juga ngak semudah itu bro. Kebetulan saya sekarang sudah berkuliah hampir 2 tahun di kampus tercinta saya STIKOM Uyelindo Kupang, sudah banyak melalui pengalaman baik manis maupun pahitnya *hikss. Kalo pengalaman pahitnya ya dimulai dari begitu buanyaknya tugas yang harus dikerjakan dan dikumpulkan tepat waktu, belum lagi kalau tugasnya tutorial ehh lagi buat video kaget lampu mati (kelar dah hidup lo). Semakin lama semakin memusingkan dan semakin membuat otak nggak sinkron dan nggak bener. Semua ini terlalu rumit untuk dilaluin, ini terlalu berat biar dilan saja heheheh.

Dimulai semester 1 ngerjain tugasnya bareng mulu kadang sampai dini hari yang bahkan udah dikerjakan selama itu masih ada juga yang eror-eror (tw aja lah mahasiswa IT) belom lagi kalau harus diupload deh tugasnya baik kalo lagi ada paket kalo yang nggak ada yah udah (Tongka wifi alias cari sinyal wifi kemudian usahakan tersambung kalau loading lama, ya tunggu aja sampai stabil :D)

Awal masuk sih semuanya pada gemuk, kinclong abis deh, ehh lewat 3 minggu kerja tugas virus mata hitam mulai tersebar di seluruh mahasiswa + rambut lupa sisir, baju tidak setrika, bahkan dulu pernah saking sibuknya kerja tugas teman saya sampai masuk lab pake sandal sebelah bebeda dengan yang sebelahh *bussseet , tapi untuk semester ini udah agak terkendali sih kalau urusan tugas kuakui emang semester awal tugasnya banyak yang menguras tenaga deh (tugas banyak emang takdirnya mahasiswa sih)

Nah kalau pengalaman manisnya nih, bertemu teman yang berbeda kepribadian antara yang satu dengan yang lain, ada yang cempreng amat suaranya ada juga yang heboh stiap kali datang di kelas membawa suasana ceria berbunga-bunga hahaha, ada juga yang kehadirannya kadang tidak disadari eh kaget pas isi KRS dianya muncul. Upss canda aja dan juga tiap kali melihat nilai yang memuaskan pastinyaa dong wkwk.

Sadar sebagai mahasiswa emang ada masa yang enak dan juga ngak enaknya, tapi semua hanya bisa kita lalui apabila memiliki semangat saing dan juga kesadaran sebagai seorang mahasiswa, kalau tugasnya banyak yaa kerjain dari jauh hari, kalo ngak ngerti yaa kerja sama teman atau langsung tanya dosen ajaa, kadang emang ada yang takut banget tanya dosen kayak liat singa yang sedang lapar, padahal tanya aja toh kita ngak mungkin dimarahin kalau bertanya.

Selain itu jugaa untuk menjadi anak kuliah sejati emang kita harus telaten, waktu untuk bersenang-senang emang pasti ada sih tapi selama dalam waktu itu kita masih memiliki tugas dan tanggungjawab kita dalam berkuliah ada baiknya hal itu dikesampingkan dulu lagian kuliah kan liburnya lama banget 3 bulan cukup buat pergi ke pantai, ke gunung, ke bukit, ke danau, ke pulau komodo juga bisa kayaknya hahaha ntar lagian pas masuk masih banyak juga yang liburan kok, lalu apa lagi yang perlu dikeluhkan selama masa perkuliahan yang sebenarnya kita bisa menghendel serta menjalaninya dengan baik.

Selain itu, di era globalisasi seperti sekarang, menghabiskan waktu kuliah selama 3,5 tahun tanpa mencari pengalaman dan ilmu sebanyak mungkin itu sia-sia men. Lebih SIA-SIA lagi kalo kamu menghabiskan waktu kuliah cuma dengan sekadar masuk kelas absen, angguk-angguk, nongkrong sama temen, bercengkrama, jalan sana, jalan sini, tanpa menghabiskan waktu anda untuk mempraktekan ilmu kuliah yang telah didapatkan.

KENAPA?

Saat ini ada sebuah istilah yaitu “Life Cycle” Yup, Work Life Cycle. Kalo mau kerja di zaman sekarang ini, kebanyakan perusahaan mencari orang yang sudah memiliki banyak pengalaman. Kalo kamu mau mencari pengalaman berarti harus kerja? So terus kita mesti gimana? Diluar sana ada begitu banyak lulusan yang kebingungan dalam mencari kerja, sebagian masih bersantai, sebagian ada yang langsung dapat kerja. Sebagian ada yang acuh, sebagian ada yang nikah, dll. Dan dari pengelompokan ini, kamu mau masuk kelompok yang mana nih ? Kalo saya sih pastinya pengen menjadi mahasiswa yang lulus dengan IP bagus dan sukses di dunia kerja, But to get it? I Know It's hard way :D

Ada pepatah yang mengatakan, apa yang anda lakukan hari ini akan menentukan diri mu ke depannya, Yup! sama seperti kehidupan kita sehari-hari, Anda tidur-tiduran sepanjang hari, beberapa tahun kemudian mau jadi apa? Jadi tukang tidur? Jangan sampai kamu mempermainkan hidupmu sendiri, sebelum hidup yang mempermainkanmu pergunakanlah waktumu sebaik-baiknya agar sukses di kemudian hari. Salam semangat.

Kembali Tulis Berita
10 Berita Terbaru dari SiAmir News
Ayo Belanja di SiAmir Market!