SiAmir Artikel EWALDUS KASE

"PHP" Mendunia

PHP adalah singkatan dari Personal Home Page, namun saat ini lebih friendly dengan “Hypertext Preproccesor” yang awalnya dirilis pada tahun 1995. PHP dirancang untuk mengganti skrip Perl untuk mempertahankan Personal Home Page (juga dikenal sebagai PHP).

Rasmus Lerdorf adalah pelopor dan pencipta bahasa pemrograman PHP yang ditulis menggunakan script asli dari binary Common Gateway Interfaxe (CGI). Kemudian disempurnakan oleh dua pengembang Zeev Suraski dan Andi Gutmans. Kemudian pada akhirnya mereka menulis ulang core PHP 3, yang menghasilkan Zend Engine di tahun 1999. Suraski dan Gutmans kemudian mendirikan Zend m Technologies di Ramat Gan, Israel.

PHP saat ini banyak digunakan di dunia, karena bersifat friendly. Mengapa friendly? Contohnya kalau di PHP jelas memerlukan HTML karena PHP menganggap HTML sebagai kerangkanya. Sedangkan HTML tanpa CSS maka tidak ada apa-apanya. PHP juga menggunakan perulangan If-Else dan lain-lain serta menggunakan HTML di dalamnya. PHP biasanya di eksekusi di server dan mengembalikan nilai ke client, berbeda dengan bahasa pemrograman pada umumnya.

PHP dapat di-download dan digunakan secara gratis karena bersifat open source. Karena kemudahan dan kepopuleran PHP saat ini, sekitar 80 % dari web server menggunakan PHP dan PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS seperti Drupal, WordPres, dan Joomla. PHP saat ini juga sudah diperbahurui sampai PHP 7. PHP 7 juga sudah mendukung web server seperti Apache, IIS, Lighttpd, dan Xitami dengan konfigurasi yang relative mudah.

PHP banyak sekali memiliki kelebihan, namun tak luput juga dari kekurangan walaupun sangat sedikit. Diantaranya PHP tidak mengenal Packpage, kode PHP dapat dibaca semua orang jika tidak di-encoding maka harus dibutuhkan tool dari Zend yang mahal harganya, dan PHP memiliki kelemahan keamanan maka kita sebagai programmer harus hati-hati serta jeli dalam konfigurasi PHP.

PHP juga adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan kompilasi dalam penggunaannya, dari segi lainnya PHP juga sangat mudah dipahami karena banyak referensi, serta PHP dapat digunakan di berbagai mesin atau sistem operasi seperti LINUX, MACINTOSH, WINDOWS, dan UNIX dan dapat dijalankan sehingga dapat menjalankan perintah-perintah system secara runtime. Di dalam PHP terdapat banyak fungsi, dengan mempelajarinya dengan teliti maka akan menciptakan suatu program yang baik. Semoga bermanfaat bagi pembaca. (Dirangkum dari berbagai sumber) (EWALDUS KASE | 2018-04-15)

Kembali Tulis Berita