SiAmir Artikel Olivia Tavares

Ringkasan

Pemrograman Web? Kata ini sudah tidak lagi asing bagi kita. Suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang cukup rumit ini tidak dapat dikuasai dalam sehari saja. Dapatkah kita menjadi salah satu yang menguasainya?

Mau Mahir Pemrograman Web? Simak Yuk Artikel Ini

Siapa yang tidak kenal dengan istilah web? Kalau anda mahasiswa IT tentulah Pemrograman Web sudah bukan hal yang baru lagi. Sebelumnya akan dijabarkan sedikit mengenai apa sih Pemrograman Web itu? Apa saja yang telah kami pelajari selama mengambil mata kuliah Pemrograman Web ini? Memangnya apa saja keuntungan dan kesulitan yang akan kita hadapi saat mempelajarinya? Berikut akan saya rangkum jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pemrograman Web adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari PHP; salah satu jenis bahasa pemrograman (scripting language), yang mana proses menulis kode atau membangun sebuah situs web dengan bahasa pemrograman yang dipakai kemudian dapat digolongkan sebagai bahasa pemrograman yang telah berada pada tingkat yang tinggi (high level). Selain itu program yang dibangun dari pemrograman web akan mampu memberikan informasi dari halaman browser dengan akses koneksi melalui internet, atau pula tanpa akses internet dengan menggunakan editor Notepad seperti yang sedang saya pelajari selama semester 4 ini.

Dalam Pemrograman Web yang kita telah pelajari yaitu dengan PHP MySQL, banyak hal yang kami pelajari antara lain membuat program matematika sederhana, membuat form input output yang dinamis baik untuk perhitungan maupun masukan data dalam web, menampilkan sejumlah text pada halaman web, hingga membuat web prediksi dan masih banyak lagi yang akan kami pelajari kemudian.

Belajar pemrograman web memang bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan ketekunan, ketelitian yang tajam, hingga pemahaman koding yang kuat (aku aja pusing belajarnya) namun ada beberapa langkah menurut saya sendiri sebagai penulis yang mana saya mengamati langkah-langkah ini sepertinya dapat membantu kita mahir dalam mengaplikasikan pemrograman web.

Berikut beberapa cara tersebut antara lain: 1) Memahami dasar-dasar bahasa pemrograman web. Dengan kita memahami semua dasar dari bahasa pemrograman ini tentulah kedepannya kita jadi dapat dengan mudah menganalisis script untuk program-program yang lebih kompleks, yang mana banyak pembelajaran yang harus dikuasai dalam merancang sebuah program web seperti mempelajari macam bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat web seperti HTML, PHP (yang kami sedang pelajari), dll. 2) Memahami dengan baik tipe-tipe data dalam bahasa pemrograman web. Dengan kita memahami seluruh tipe data dalam bahasa pemrograman web seperti: string, integer, float , boolean, array, object, NULL dan resource. Maka kita akan dengan mudah membuat berbagai macam program web dengan cepat dan teratur. 3) Memahami oenulisan bahasa pemrogaman web secara tepat. Bahasa pemrograman web memang agak menyulitkan dan juga banyak variabel-variable yang digunakan dalamnya, apabila kurang saja 1 koma atau misalkan 1 tanda kurung maka otomatis program yang telah kita rancang tidak akan beroperasi dengan baik/error, maka dengan ini kita dilatih untuk menggunakan ketelitian serta kemampuan mengetik script yang baik dan benar. 4) Melatih ketelitian dan Kemampuan analisis script. Dalam merancang ataupun membuat suatu program web kita diharapkan memiliki kemampuan analisis koding yang baik serta juga ketelitian yang kuat, tidak sembarang orang bisa menganalisis koding dengan mudah apabila tidak terbiasa melatih kemampuan analisisnya, kebanyakan orang-orang yang jago pemrograman adalah orang yang tiap harinya selalu berlatih dan mengasah ketelitian dalam menulis koding program itu sendiri. 5) Tetap sabar dan mencari jalan keluar apabila terjadi erorr dalam program. Tidak ada orang hebat yang selalu sempurna. Tahukah kalian? dalam pembuatan Facebook berdasarkan wawancara Saham Facebook di ajang konferensi teknologi Allen & Co., Zuckerberg mengatakan bahwa pekerjaan terberatnya adalah bagaimana mengadaptasikan situsnya ke perangkat-perangkat mobile agar dapat dioperasikan. Memboyong fitur-fitur Facebook ke gadget handheld diakui sulit oleh Zuckerberg karena user experience-nya berbeda dengan yang ada di komputer desktop (dikutip dari Detik.com). hal ini menjelaskan pada kita bahwa tiap hal yang dibangun pastilah terdapat banyak tantangan didalamnya maka dari itu ada baiknya kita sebagai pemula yang ingin mahir dalam pemrograman web jangan putus asa kalau program masih saja error padahal sudah mengecek berkali-kali kita dilatih untuk bersabar dan tetap teliti saat membangun suatu program web.

Sekian cara-cara yang dapat saya bagikan agar kita semua sebagai pemula (saya sendiri juga belum mahir wkwkw) sembari tetap semangat mempelajari pemrograman web because "PHP IS FUN"

Kembali Tulis Berita
10 Berita Terbaru dari SiAmir News
Ayo Belanja di SiAmir Market!