SiAmir Artikel OLIVIA MARIA INACIO TAVARES

Ringkasan

Jika membicarakan tentang gratisan maka di Google Play Store menjamur aplikasi Android gratis yang dapat kamu nikmati. Namun jangan sembarangan mendownload dan menggunakan aplikasi gratis loh simak berikut

Bahaya Terlalu Sering Download Aplikasi Gratisan

Ada beberapa aplikasi gratis di Google Play Store yang memang benar-benar gratis, namun tetap diselipkan iklan di dalamnya dan ada juga aplikasi gratis yang menawarkan versi Pro untuk membuang iklannya. Keduanya akan sangat berbahaya jika kamu sembarangan menggunakannya. Penasaran dengan bahaya apa saja yang berdampak dari asal download aplikasi gratis? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Rawan Terserang Malware

Tak ada yang dapat menjamin iklan yang ditampilkan di aplikasi gratis itu bebas malware karena Google Adsense yang besar saja dapat diselipi malware berbahaya yang dapat mencuri data perbankan milikmu apalagi aplikasi gratis yang mengandalkan semua platform iklan untuk memperoleh penghasilan. Bahaya Penyalahgunaan Data

Sejumlah aplikasi gratis di Google Play Store menyediakan Privacy Policy di aplikasinya seperti seperti Google Maps yang meminta akses lokasi. Bila sebuah aplikasi tak mempunyai Privacy Policy maka wajib untuk kamu waspadai. Memang beberapa aplikasi gratis meminta untuk permission saat diinstall dan kami sarankan untuk jangan asal setuju karena kamu tak akan tahu data kamu dikumpulkan untuk apa? Siapa tahu data smartphone kamu dijual ke pihak lain? Atau malah untuk dibajak guna membuat kriminalitas?

2. Boros Pulsa

Pulsa dan kuota sebenarnya berhubungan karena kuota dapat dibeli dengan menggunakan pulsa, namun apa jadinya jika sudah membeli kuota tapi pulsa kamu tetep kesedot juga? Pasti kezel kan?

Memang beberapa aplikasi gratisan diselipkan iklan yang menawarkan layanan VAS (Value-Added Service) dari operator berupa iklan banner. Ketika iklan itu tanpa sengaja kamu pencet maka kamu akan otomatis berlanggan konten SMS berbayar.

3. Boros Kuota

Memang bukan rahasia umum lagi jika iklan menyedot hampir 85% kuota internet pada smartphone. Tak hanya iklan ketika browsing saja karena iklan di aplikasi juga. Iklan yang masuk ke smartphone kita itu kan di push oleh sistem melalui internet. Jadi jika kamu banyak menginstal aplikasi gratis di smartphone maka dijamin kuotamu akan cepat habis belum lagi kalau aplikasi gratis tersebut sering kamu gunakan.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya dalam menginstal aplikasi gratis secara sembarangan. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi supaya kamu tak terlalu sering menginstall aplikasi gratis secara sembarangan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber: Lemoot.com

Kembali Tulis Berita
10 Berita Terbaru dari SiAmir News
Ayo Belanja di SiAmir Market!