SiAmir Artikel Gregorius Rinduh Iriane, S.Kom., M.T.

Jangan Merasa Hebat

Kita sebagai manusia terkadang lupa dari mana sebenarnya kita berasal, terkadang kita lupa bahwa kita adalah makluk sosial yang hidup berdampingan dengan yang lainnya. Kita terkadang meresa diri kita lebih hebat, lebih pintar, lebih jago, sok bisa keritik, sok pintar bicara, sok bisa segalah-galahnya dan menganggap orang lain itu tidak ada apa-apanya.

Aku jadi teringat sama kata pepatah bahwa "di atas langit masih ada langit", yang maknanya adalah kita hebat tapi masih ada orang lain yang tanpa kita sadari mereka masih lebih hebat dari kita. Pepatah ini mau menyampaikan pesan bawah kita jangan pernah merasa diri hebat, karena kita bisa berbuat sesuatu belum tentu kita bisa berbuat yang lainnya, yang artinya adalah apa yang bisa kita lakukaan belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain dan sebaliknya apa yang orang lain bisa lakukan belum tentu bisa kita lakukan. Jadi hidup ini seharusnya kita saling berbagi karena berbagi itu indah. Jadikanlah dirimu bermanfaat bagi orang lain. Mencari musuh itu amat mudah dibanding mencari sahabat atau teman yang baik.

Saya juga jadi teringat kata seorang Romo entah siapa namanya kebetulan saya juga sudah lupa namanya, maklum karena ingatan saya tidak sehebat kalian yang merasa diri hebat, dan ingatan saya juga tidak seperti ingatan komputer yang selalu merekam setiap aksi yang diperintahkan. Romo itu berkata demikian: "hidup ini cuma sementara, hidup ini ibarat sebuah bunga, yang pada akhirnya akan layu pada waktunya. Hidup ini ibarat matahari yang pada akhirnya akan terbenam pula".

Jadi sudah seharusnya kita saling berbagi, saling menghargai perasaan sesama, saling mendukung, saling membantu satu dan yang lainnya, agar hidup kita lebih bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan. Karena hidup hanya sekali jadi tebarkanlah kebaikanmu sebelum kamu meninggalkan dunia ini. Semoga (Gregorius Rinduh Iriane, S.Kom., M.T. | 2018-04-21)

Kembali Tulis Berita